Tuesday, June 18, 2024
HomeSportsIstilah-Istilah Di Dalam Angkat Beban

Istilah-Istilah Di Dalam Angkat Beban

Istilah-Istilah Di Dalam Angkat Beban

Istilah-Istilah Di Dalam Angkat Beban
Istilah-Istilah Di Dalam Angkat Beban

Angkat beban adalah olahraga yang membutuhkan kekuatan, konsentrasi, dan teknik yang baik untuk mengangkat beban seberat mungkin. Dalam olahraga angkat beban, terdapat beberapa istilah yang harus diketahui oleh para atlet dan pencinta olahraga ini.

Berikut ini adalah beberapa istilah yang sering digunakan dalam angkat beban:

  1. Snatch Snatch adalah gerakan mengangkat beban dari lantai ke atas kepala dalam satu gerakan yang cepat. Pada saat mengangkat beban, atlet harus melakukan gerakan yang cepat dan mengambil nafas dalam-dalam.
  2. Clean and Jerk Clean and Jerk adalah gerakan mengangkat beban dengan dua gerakan. Pertama, mengangkat beban dari lantai ke bahu dengan teknik clean. Kedua, mendorong beban dari bahu ke atas kepala dengan teknik jerk.
  3. Barbell Barbell adalah batang besi panjang yang digunakan dalam olahraga angkat beban. Berat barbell dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan setiap atlet.
  4. Plate Plate adalah piringan besi yang dipasang pada ujung barbell. Plate tersedia dalam berbagai ukuran dan berat, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan setiap atlet.
  5. Repetition Repetition atau biasa disingkat sebagai “rep” adalah satu kali gerakan mengangkat beban. Pada saat melakukan repetisi, atlet harus melakukan gerakan dengan benar dan mengontrol pernapasan.
  6. Set Set adalah serangkaian repetisi yang dilakukan tanpa berhenti. Pada saat melakukan set, atlet harus memperhatikan jumlah repetisi yang dilakukan dan beristirahat dengan cukup waktu antar set.
  7. One Rep Max One Rep Max atau ORM adalah beban maksimal yang dapat diangkat oleh seorang atlet dalam satu kali gerakan. One Rep Max digunakan sebagai acuan untuk mengukur kemampuan atlet dalam mengangkat beban.
  8. Rack Rack adalah posisi di mana barbell ditempatkan pada bahu atlet. Rack digunakan saat melakukan teknik clean dalam gerakan Clean and Jerk.
  9. Deadlift Deadlift adalah gerakan mengangkat beban dari lantai ke pinggang dengan teknik yang benar. Deadlift merupakan salah satu teknik dasar dalam angkat beban.
  10. Squat Squat adalah gerakan mengangkat beban dari posisi duduk sampai berdiri dengan teknik yang benar. Squat juga merupakan salah satu teknik dasar dalam angkat beban.

Baca juga : Trik dan tips untuk sukses

Itulah beberapa istilah yang sering digunakan dalam olahraga angkat beban. Dengan memahami istilah-istilah ini, para atlet dan pencinta olahraga angkat beban dapat lebih memahami teknik yang benar dalam mengangkat beban dan memperbaiki performa mereka. Selain itu, pemahaman yang baik mengenai istilah-istilah ini juga dapat membantu dalam berkomunikasi dengan pelatih dan atlet lainnya dalam olahraga angkat beban.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Berita Viral

Most Popular

Recent Comments