Tuesday, June 18, 2024
HomeSportsIstilah-Istilah Di Dalam Lempar Lembing

Istilah-Istilah Di Dalam Lempar Lembing

Istilah-Istilah Di Dalam Lempar Lembing

Istilah-Istilah Di Dalam Lempar Lembing
Istilah-Istilah Di Dalam Lempar Lembing

Lempar lembing adalah cabang olahraga yang memerlukan keterampilan teknis dan kekuatan fisik yang tinggi. Para atlet lempar lembing harus memahami istilah-istilah khusus dalam olahraga ini untuk dapat melaksanakan teknik-teknik yang tepat.

Berikut adalah beberapa istilah yang sering digunakan dalam lempar lembing.

  1. Lembing

Lembing adalah salah satu alat yang digunakan dalam olahraga lempar lembing. Lembing terbuat dari logam atau bahan sintetis dan memiliki panjang sekitar 2,6 hingga 2,7 meter. Lembing harus memiliki berat yang sesuai dengan kategori atlet dan harus dipegang pada bagian tengahnya saat dilempar.

  1. Landing area

Landing area adalah area di mana lembing jatuh setelah dilempar. Area ini harus dilindungi dengan bantalan khusus untuk mengurangi risiko cedera pada atlet.

  1. Runway

Runway adalah lintasan tempuh atlet sebelum melempar lembing. Runway harus terbuat dari bahan yang sesuai untuk mengurangi risiko cedera dan memberikan daya cengkeram yang baik.

  1. Cakram

Cakram adalah lingkaran logam yang digunakan sebagai tanda letak lempar lembing. Cakram harus memiliki diameter sekitar 2,5 meter dan terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama.

  1. Grip

Grip adalah pegangan pada bagian tengah lembing yang digunakan oleh atlet saat melempar. Grip harus terbuat dari bahan yang kokoh dan dapat memberikan cengkeraman yang baik.

  1. Approach

Approach adalah gerakan atlet saat berlari ke arah runway sebelum melempar lembing. Approach harus dilakukan dengan teknik yang benar untuk mengoptimalkan kekuatan dan kecepatan saat melempar.

  1. Release

Release adalah saat atlet melepas lembing dari pegangan grip. Release harus dilakukan dengan tepat dan pada saat yang tepat untuk memaksimalkan jarak lemparan.

  1. Flight

Flight adalah waktu di mana lembing berada di udara sebelum jatuh ke landing area. Atlet harus memperhatikan sudut dan kecepatan lembing saat berada di udara untuk mendapatkan jarak lemparan yang optimal.

  1. Angle of attack

Angle of attack adalah sudut antara permukaan lembing dan tanah saat dilempar. Sudut ini harus diperhatikan oleh atlet untuk mendapatkan jarak lemparan yang optimal.

Baca juga : Peluang membuka usaha dan bisnis

Itulah beberapa istilah yang sering digunakan dalam lempar lembing. Para atlet harus memahami istilah-istilah ini untuk dapat melaksanakan teknik-teknik yang tepat dan mengoptimalkan jarak lemparan mereka.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Berita Viral

Most Popular

Recent Comments