Wednesday, May 29, 2024
HomeBusinessIstilah-Istilah Di Dalam Bisnis Online Shop

Istilah-Istilah Di Dalam Bisnis Online Shop

marketplace
marketplace

Bisnis online shop menjadi semakin populer di era digital ini. Dalam bisnis online shop, terdapat banyak istilah-istilah yang sering digunakan oleh para pelaku bisnis.

Agar dapat lebih memahami dunia bisnis online shop, berikut adalah beberapa istilah yang perlu Anda ketahui:

  1. Marketplace Marketplace adalah platform online tempat berbagai penjual dapat memasarkan produk mereka kepada calon pembeli. Beberapa contoh marketplace populer di Indonesia antara lain Tokopedia, Shopee, dan Lazada.
  2. Dropship Dropship adalah model bisnis dimana penjual tidak menyimpan stok barang yang dijual, melainkan mengirimkan pesanan dari pembeli ke pihak supplier atau produsen untuk kemudian dikirimkan langsung ke pembeli.
  3. Reseller Reseller adalah seseorang yang menjual produk dari supplier atau produsen dan mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual dan harga beli.
  4. E-commerce E-commerce atau electronic commerce adalah model bisnis yang dilakukan melalui transaksi elektronik seperti pembelian dan penjualan melalui internet.
  5. Customer service Customer service adalah layanan yang diberikan oleh sebuah bisnis untuk membantu memecahkan masalah dan memberikan dukungan kepada konsumen.
  6. SEO SEO ataupun search engine optimization merupakan metode buat tingkatkan mutu serta kuantitas trafik pada web website lewat hasil pencarian organik di mesin pencari semacam Google.
  7. Digital marketing Digital marketing adalah strategi pemasaran produk atau jasa yang dilakukan melalui media digital seperti iklan online, email marketing, dan media sosial.
  8. Affiliate marketing Affiliate marketing adalah model bisnis dimana seorang affiliate memasarkan produk atau jasa dari suatu bisnis dan mendapatkan komisi atas penjualan yang dihasilkan.
  9. Conversion rate Conversion rate adalah rasio antara jumlah konversi dengan jumlah pengunjung pada suatu website. Konversi dapat berupa pembelian, langganan newsletter, atau tindakan lain yang diinginkan oleh pemilik website.
  10. Checkout Checkout adalah tahap akhir dari proses pembelian dimana pembeli melakukan pembayaran untuk produk yang telah dipilih sebelumnya.
  11. Payment gateway Payment gateway adalah sistem pembayaran online yang digunakan untuk memproses transaksi pembayaran pada website.
  12. Shipping Shipping adalah proses pengiriman barang dari penjual ke pembeli. Beberapa toko online menyediakan opsi pengiriman gratis atau berbayar.

Baca juga : Apa Saja Jenis Mobil Berdasarkan Fungsinya

Dengan memahami istilah-istilah di atas, Anda dapat lebih memahami dunia bisnis online shop dan mempermudah Anda dalam menjalankan bisnis online shop.

Selain itu, Anda juga dapat mengoptimalkan strategi pemasaran dan meningkatkan penjualan dengan lebih efektif.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Berita Viral

Most Popular

Recent Comments