Monday, July 15, 2024
HomeSportsIstilah-Istilah Di Dalam Tinju

Istilah-Istilah Di Dalam Tinju

Istilah-Istilah Di Dalam Tinju

Istilah-Istilah Di Dalam Tinju
Istilah-Istilah Di Dalam Tinju

Tinju adalah olahraga kontak fisik yang melibatkan dua petinju yang saling bertarung di atas ring. Dalam tinju, terdapat beberapa istilah yang digunakan untuk menggambarkan berbagai situasi dan teknik dalam pertandingan.

Berikut ini adalah beberapa istilah di dalam tinju yang perlu diketahui.

  1. Ring Ring adalah area di mana pertandingan tinju dilakukan. Ring memiliki ukuran yang standar, yaitu 6,10 meter x 6,10 meter, dengan tali penahan yang membatasi area tersebut. Di dalam ring terdapat sudut-sudut yang digunakan oleh pelatih untuk memberikan instruksi kepada petinju.
  2. Jab Jab adalah serangan dengan tangan yang dilakukan dengan tangan yang lebih depan. Teknik ini digunakan untuk menghantam wajah atau tubuh lawan dengan tangan yang lebih dekat dengan lawan.
  3. Cross Cross adalah serangan dengan tangan yang dilakukan dengan tangan yang lebih belakang. Teknik ini digunakan untuk menghantam wajah atau tubuh lawan dengan tangan yang lebih jauh dari lawan.
  4. Hook Hook adalah serangan dengan tangan yang dilakukan dengan memutar tubuh. Teknik ini digunakan untuk menghantam sisi tubuh lawan.
  5. Uppercut Uppercut adalah serangan dengan tangan yang dilakukan dengan arah dari bawah ke atas. Teknik ini digunakan untuk menghantam dagu atau rahang lawan.
  6. Knockout Knockout adalah kondisi di mana petinju kehilangan kesadaran karena pukulan dari lawannya. Ini adalah tujuan utama dari setiap pertandingan tinju.
  7. Technical Knockout (TKO) TKO adalah kondisi di mana wasit menghentikan pertandingan karena salah satu petinju tidak mampu melanjutkan pertandingan.
  8. Count Count adalah penghitungan oleh wasit setelah petinju terjatuh. Jika petinju tidak dapat bangkit sebelum akhir penghitungan, pertandingan dihentikan.
  9. Clinch Clinch adalah kondisi di mana kedua petinju berada dalam jarak dekat dan saling berpelukan. Ini dilakukan untuk menghindari serangan dari lawan.
  10. Weigh-in Weigh-in adalah proses pengukuran berat badan petinju sebelum pertandingan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa kedua petinju berada dalam kelas yang sama.
  11. Round Round adalah bagian dari pertandingan tinju yang terdiri dari tiga menit. Setiap pertandingan terdiri dari beberapa round, dan antara setiap round, petinju memiliki waktu istirahat singkat.
  12. Cornerman Cornerman adalah orang yang membantu petinju selama pertandingan. Tugas mereka termasuk memberikan instruksi, menghilangkan bekas luka, dan memberikan bantuan medis jika diperlukan.

Baca juga : Peluang membuka usaha dan bisnis

Itulah beberapa istilah di dalam tinju yang perlu diketahui. Dengan memahami istilah-istilah ini, penonton tinju dapat lebih memahami pertandingan dan menikmati olahraga ini dengan lebih baik.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Berita Viral

Most Popular

Recent Comments