Tuesday, June 18, 2024
HomeViralIstilah-Istilah Di Dalam Catur

Istilah-Istilah Di Dalam Catur

Istilah-Istilah Di Dalam Catur

Istilah-Istilah Di Dalam Catur
Istilah-Istilah Di Dalam Catur

Catur adalah sebuah permainan strategi yang sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Permainan catur terdiri dari dua pemain yang saling bertanding dan berusaha untuk mengalahkan raja lawan. Di dalam permainan catur, terdapat berbagai macam istilah-istilah yang perlu diketahui oleh para pemainnya.

Berikut ini adalah beberapa istilah di dalam catur yang perlu diketahui.

  1. Raja Raja adalah salah satu bidak utama di dalam permainan catur. Tujuan utama dari permainan catur adalah untuk menaklukkan raja lawan. Jika raja lawan berhasil ditembak, maka pemain yang melakukannya akan menjadi pemenang.
  2. Ratunya Ratunya atau queen adalah salah satu bidak terkuat di dalam permainan catur. Ratunya dapat bergerak ke segala arah dan merupakan bidak yang sangat penting untuk memenangkan permainan.
  3. Gajah Gajah adalah bidak yang bergerak secara diagonal. Gajah dapat bergerak sejauh yang diinginkan, selama tidak ada bidak lain yang menghalangi.
  4. Kuda Kuda atau knight adalah bidak yang bergerak seperti huruf L. Kuda dapat melompati bidak lain di papan catur dan merupakan salah satu bidak yang sulit untuk dibaca oleh lawan.
  5. Benteng Benteng atau rook adalah bidak yang bergerak secara horizontal atau vertikal. Benteng dapat bergerak sejauh yang diinginkan, selama tidak ada bidak lain yang menghalangi.
  6. Peon atau pion Peon atau pion adalah bidak terkecil di dalam permainan catur. Pion hanya dapat bergerak maju, kecuali pada awal permainan, di mana pion dapat bergerak dua langkah sekaligus. Pion juga memiliki kemampuan untuk menyerang secara diagonal.
  7. Skak Skak terjadi ketika raja terancam oleh bidak lawan. Pemain yang mengalami skak harus segera mengambil tindakan untuk menghindarinya. Jika tidak, maka raja akan menjadi mati dan permainan berakhir.
  8. Mat Mat terjadi ketika raja tidak memiliki kemampuan untuk menghindari serangan bidak lawan. Jika raja sudah dalam posisi mat, maka permainan akan segera berakhir.
  9. Pecahan Pecahan terjadi ketika sebuah bidak berhasil ditangkap oleh lawan. Pemain yang berhasil menangkap bidak lawan akan mendapatkan poin.
  10. Serangan ganda Serangan ganda terjadi ketika sebuah bidak menyerang dua bidak lawan secara bersamaan. Serangan ganda dapat sangat berbahaya dan sulit untuk dihindari.

Baca juga : Peluang untuk membuka usaha

Demikianlah beberapa istilah di dalam catur yang perlu diketahui oleh para pemainnya. Dengan memahami istilah-istilah tersebut, pemain catur dapat lebih memahami strategi dan taktik yang digunakan dalam permainan. Selamat bermain catur!

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Berita Viral

Most Popular

Recent Comments