Monday, July 15, 2024
HomeSportsIstilah-Istilah Di Dalam Voli Pantai

Istilah-Istilah Di Dalam Voli Pantai

 

voli pantai
voli pantai

Olahraga voli pantai, juga dikenal sebagai beach volley, adalah olahraga yang dimainkan di atas pasir pantai dan biasanya dimainkan oleh dua tim yang terdiri dari dua pemain masing-masing. Olahraga ini cukup populer di seluruh dunia dan bahkan menjadi cabang olahraga resmi dalam Olimpiade.

Namun, jika Anda baru memulai bermain voli pantai, maka istilah-istilah yang digunakan dalam olahraga ini mungkin terdengar asing bagi Anda.

Oleh karena itu, di bawah ini adalah beberapa istilah dalam olahraga voli pantai yang perlu Anda ketahui.

  1. Ace Ace terjadi ketika pemain memukul bola servis dan bola langsung jatuh ke lapangan lawan tanpa bisa dihalau oleh lawan. Ini memberikan satu poin bagi tim pemain yang melakukan ace.
  2. Block Block terjadi ketika seorang pemain melompat dan menghalangi bola dari pemain lawan yang mencoba melakukan serangan. Ini bisa menghentikan serangan lawan dan memberikan kesempatan untuk melakukan serangan balik.
  3. Dig Dig adalah gerakan pertahanan untuk menggali bola yang diarahkan ke lapangan Anda oleh pemain lawan. Biasanya dig dilakukan dengan menggunakan lengan bawah yang kuat dan pergelangan tangan yang fleksibel.
  4. Set Set adalah gerakan ketika pemain mengatur bola yang diarahkan kepadanya oleh rekan satu timnya. Set harus dilakukan dengan baik agar pemain dapat melakukan smash atau spike.
  5. Spike Spike adalah serangan yang dilakukan oleh pemain dengan memukul bola dengan keras ke lapangan lawan. Hal ini bisa dilakukan setelah set yang baik dari rekan satu timnya.
  6. Sideout Sideout terjadi ketika tim yang melakukan servis kehilangan poin dan hak servis, kemudian giliran servis berpindah ke tim lawan.
  7. Joust Joust terjadi ketika dua pemain berusaha untuk menguasai bola yang sama di atas net. Hal ini bisa menjadi momen yang menegangkan ketika kedua pemain mencoba untuk memenangkan bola.
  8. Net violation Net violation terjadi ketika pemain menyentuh net saat melakukan serangan atau saat bola masih dalam permainan. Ini dapat mengakibatkan kehilangan poin atau bahkan diskualifikasi.

Baca juga : Asal Usul Dan Sejarah Olahraga Voli Pantai

Itulah beberapa istilah yang perlu Anda ketahui dalam olahraga voli pantai.

Dengan memahami istilah-istilah ini, Anda dapat lebih memahami permainan dan meningkatkan kemampuan Anda dalam bermain voli pantai. Selamat bermain!

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Berita Viral

Most Popular

Recent Comments