Sunday, July 14, 2024
HomeSportsIstilah-Istilah Di Dalam Voli

Istilah-Istilah Di Dalam Voli

Istilah-Istilah Di Dalam Voli

Istilah-Istilah Di Dalam Voli
Istilah-Istilah Di Dalam Voli

Voli adalah salah satu olahraga yang sangat populer di seluruh penjuru dunia. Olahraga ini memerlukan banyak strategi dan keahlian untuk memenangkan pertandingan. Selain itu, voli juga memiliki banyak istilah-istilah yang perlu dipahami untuk dapat memahami seluk-beluk olahraga ini dengan baik.

Berikut adalah beberapa istilah di dalam voli yang perlu diketahui.

  1. Servis

Servis adalah tindakan memukul bola ke sisi lapangan lawan pada awal setiap ronde. Pemain yang melakukan servis harus berada di belakang garis servis, dan bola harus dilemparkan ke udara sebelum dipukul.

  1. Passing

Passing adalah teknik dasar dalam voli di mana pemain menerima bola dari lawan dan mengirimkannya kembali ke anggota timnya. Pemain yang melakukan passing harus mengenali arah bola dan menggerakkan tubuhnya ke arah itu untuk mengambil bola dengan tangan atau lengan.

  1. Smash

Smash adalah teknik paling populer dalam voli. Teknik ini melibatkan pemain yang melompat di udara dan memukul bola dengan tangan terentang, dengan maksud membuat bola mendarat di sisi lapangan lawan. Teknik ini sering digunakan dalam situasi pertahanan dan serangan.

  1. Block

Block adalah tindakan menghalangi bola yang dilemparkan oleh pemain lawan dengan mengangkat tangan ke atas. Tujuan dari blok adalah untuk menghambat bola dan membuatnya kembali ke sisi tim sendiri, sehingga memperoleh poin.

  1. Dig

Dig adalah teknik menghalau bola dengan tubuh bagian bawah, seperti kaki atau dada. Teknik ini sering digunakan ketika bola dilemparkan rendah atau dengan kecepatan tinggi. Dalam voli, teknik dig sangat penting untuk menjaga bola tetap di udara dan memungkinkan anggota tim lainnya mengambil alih bola.

  1. Set

Set adalah teknik dalam voli di mana pemain menyediakan bola yang siap diterima oleh pemain lainnya untuk dijadikan smash atau serangan. Pemain yang melakukan set harus memiliki keterampilan dan ketepatan yang baik, serta harus dapat beradaptasi dengan pergerakan bola.

  1. Ace

Ace adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan servis yang tak dapat dihalau oleh pemain lawan, sehingga langsung mendarat di sisi lapangan lawan. Pemain yang berhasil melakukan ace biasanya meraih poin langsung.

  1. Libero

Libero adalah pemain bertahan yang mengenakan seragam dengan warna yang berbeda dari anggota tim lainnya. Pemain libero bertanggung jawab untuk melakukan passing dan digging serta mengambil bola yang didekati oleh area belakang lapangan.

  1. Time Out

Time out adalah istilah yang digunakan untuk memberikan waktu istirahat bagi anggota tim untuk berkomunikasi dan membuat strategi. Setiap tim hanya memiliki tiga kali kesempatan untuk meminta time out selama pertandingan.

Baca juga : Peluang buka usaha bisnis

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Berita Viral

Most Popular

Recent Comments