Saturday, April 20, 2024
HomeSportsIstilah-Istilah Di Dalam Lari

Istilah-Istilah Di Dalam Lari

Istilah-Istilah Di Dalam Lari

Istilah-Istilah Di Dalam Lari
Istilah-Istilah Di Dalam Lari

Lari merupakan olahraga yang cukup populer di dunia dan banyak orang mengikutinya baik sebagai hobi maupun sebagai atlet profesional. Dalam olahraga lari, ada banyak istilah-istilah yang sering digunakan dan perlu dipahami oleh para pelari agar dapat mengikuti latihan dan kompetisi dengan baik.

Berikut adalah beberapa istilah yang sering digunakan dalam lari.

  1. Sprint Sprint adalah lari jarak pendek dengan kecepatan maksimum. Biasanya dilombakan dalam jarak 100 meter, 200 meter, atau 400 meter.
  2. Middle-distance Middle-distance adalah lari dengan jarak yang sedang, antara 800 meter hingga 1500 meter.
  3. Long-distance Long-distance adalah lari dengan jarak yang jauh, seperti maraton, yaitu 42,195 kilometer.
  4. Tempo run Tempo run adalah lari dengan kecepatan yang sedang dan bertujuan untuk meningkatkan daya tahan dan kecepatan.
  5. Interval training Interval training adalah latihan dengan menggabungkan lari cepat dan lari lambat secara bergantian dalam waktu tertentu.
  6. Fartlek Fartlek adalah latihan lari yang menggabungkan lari cepat dan lari lambat tanpa mengikuti pola atau jarak yang ditentukan.
  7. Cool down Cool down adalah latihan ringan setelah lari untuk mengurangi denyut jantung dan melancarkan peredaran darah.
  8. Recovery run Recovery run adalah latihan ringan untuk memulihkan tubuh setelah lari yang berat.
  9. Runner’s high Runner’s high adalah perasaan euforia dan bahagia yang dirasakan setelah lari jarak jauh, karena tubuh melepaskan endorfin.
  10. Split time Split time adalah waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak tertentu, biasanya dicatat dalam setiap lap atau setengah lap.

Baca juga : Peluang membuka usaha dan bisnis

Demikianlah beberapa istilah dalam lari yang perlu dipahami oleh para pelari. Dengan memahami istilah-istilah tersebut, para pelari akan dapat mengikuti latihan dan kompetisi dengan lebih baik dan meningkatkan performa mereka dalam olahraga lari.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Berita Viral

Most Popular

Recent Comments