Wednesday, May 29, 2024
HomeViralIstilah-Istilah Di Dalam Panco tangan

Istilah-Istilah Di Dalam Panco tangan

Istilah-Istilah Di Dalam Panco tangan

Istilah-Istilah Di Dalam Panco tangan
Istilah-Istilah Di Dalam Panco tangan

Panco tangan, juga dikenal sebagai karate cina atau sanda, adalah cabang seni bela diri yang berasal dari Tiongkok. Dalam panco tangan, para praktisi belajar teknik-teknik pertarungan yang melibatkan pukulan, tendangan, kuncian, dan lemparan. Seperti halnya seni bela diri lainnya, panco tangan memiliki sejumlah istilah khusus yang perlu dipahami oleh para praktisi dan penggemar.

Berikut adalah beberapa istilah dalam panco tangan:

  1. Shoubo – Arti harfiah dari shoubo adalah “pertempuran tangan”. Ini merujuk pada pertarungan dalam jarak dekat yang melibatkan pukulan, tendangan, dan kuncian.
  2. Sanda – Istilah ini digunakan untuk merujuk pada cabang panco tangan yang lebih fokus pada pertandingan olahraga daripada pada pertarungan sungguhan.
  3. Jibengong – Latihan jibengong adalah latihan dasar dalam panco tangan yang bertujuan untuk meningkatkan kekuatan dan kecepatan. Latihan jibengong meliputi gerakan-gerakan sederhana seperti pukulan dan tendangan.
  4. Shuaijiao – Shuaijiao adalah teknik gulat Tiongkok yang digunakan dalam panco tangan. Teknik ini melibatkan lemparan dan kuncian.
  5. Gongli – Gongli adalah kekuatan fisik yang diperlukan dalam panco tangan. Latihan gongli meliputi latihan kekuatan, latihan kardio, dan latihan fleksibilitas.
  6. Bagua – Bagua adalah salah satu dari delapan belas cabang seni bela diri Tiongkok. Teknik bagua melibatkan gerakan-gerakan melingkar dan perpindahan berputar-putar.
  7. Dianxue – Dianxue adalah teknik yang menggunakan tekanan pada titik-titik vital dalam tubuh untuk melumpuhkan lawan.
  8. Fengshou – Fengshou adalah teknik pertarungan jarak dekat yang melibatkan pukulan, tendangan, dan kuncian.
  9. Ti – Ti adalah teknik tendangan dalam panco tangan. Ada banyak jenis tendangan yang digunakan dalam panco tangan, termasuk tendangan depan, tendangan samping, dan tendangan belakang.
  10. Na – Na adalah teknik kuncian dalam panco tangan. Teknik ini melibatkan penggunaan persendian untuk mengendalikan dan melumpuhkan lawan.

Baca juga : Peluang membuka usaha dan bisnis

Kesimpulan

Itulah beberapa istilah penting dalam panco tangan. Untuk menjadi seorang praktisi panco tangan yang terampil, penting untuk memahami dan menguasai istilah-istilah ini. Dengan latihan yang terus-menerus dan pengalaman bertanding, para praktisi panco tangan dapat meningkatkan keterampilan dan keahlian mereka dalam seni bela diri yang menantang dan menarik ini.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Berita Viral

Most Popular

Recent Comments